Jumat, 02 Maret 2018

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

Kata pengantar yakni komponen yang tidak boleh dilewatkan dalam menyusun sebuah karya ilmiah seperti skripsi, karya tulis, laporan, dan sebagainya. Kata pengantar yaitu bagian paling pertama yang berisikan rangkuman singkat akan sebuah kegiatan dalam format laporan,sebab tanpa kata pengantar sebuah laporan nilainya akan terasa kurang sempurna. Karenanya penyusun kata pengantar sebaiknya mengerjakannya dengan bagus agar pembaca memberikan kesan yang bagus terhadap karya yang dihasilkan olehnya. Tak banyak beberapa orang merasa kesulitan dalam menuliskan sebuah kata pengantar yang baik.
Baca : Contoh Surat Kuasa

Kata pengantar sendiri berdasarkan kamus bahasa Indonesia yaitu pandangan atau paparan lazim yang ditulis secara singkat, padat dan terang yang diterapkan sebagai pendahuluan isi sebuah tulisan. Kalimat yang diterapkan dalam penulisan kata pengantar patut gampang dimengerti, terang, dan tak bertele-tele. Kata pengantar lazimnya ditulus cukup satu halaman atau paling banyak dua halaman saja sebab elemen-elemen yang disebutkan diatas, maka penulis sebaiknya membuat isi dari kata pengantar semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membaca karya tulisan selanjutnya. Dalam isi kata pengantar berupa rasa syukur dan terima beri atas semua pihak yang telibat karena telah membantuk menuntaskan karya tulis yang diwujudkan.

Contoh Kata Pengantar

Kata pengantar lazimnya diisi dengan ucapakan kepada Allah SWT dan ucapab terima kasih sebesar-besarnya terhadap beraneka pihak yang telah menolong serta kemauan dari penulis untuk karya yang diwujudkan kedepannya. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah dalam pembuatan kata pengantar :

Kata pengantar biasanya di awala dengan kalian pujian kepada sang pencipta merupakan Yang Kuasa Maha Esa sebagai ungkapan rasa syukur telah memberikan kesempatan membikin karya yang bagus.
Mengucapakan terima beri kepada berbagai pihak yang sudah terlibat untuk membantu dalam proses pembuatan karya tulis Seperti dukungan sahabat, keluarga, atau pihak lain yang memiliki peran dalam cara kerja pembuatan karya tulis.
Memberikan gambaran perihal karya tulis yang diwujudkan secara singkat dan jangan lupa untuk mencantumkan tujuan dari karya tulis yang dijadikan,
Kata pengantar juga berisikan keinginan dari penulis terhadap karya yang telah di hasilkan, seperti harapan penulis dari karyanya tersebut bisa berkhasiat bagi pembacanya.
Terakhir yakni permintaan maaf dari pelbagai pihak seandainya masih mempunyai banyak kekurangan dan kekeliruan dalam karya yang diwujudkan, karenanya penulis patut mencantumkan untuk memberikan kritik serta saran dari pembaca.

Itulah langkah-langkah dalam pembuatan kata pengantar yang bagus, berikutnya kami akan berikan Model Kata Pengantar Yang Teladan :


Contoh Kata Pengantar


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat-Nya karya tulis ilmiah yang berjudul ”Menggagas Ragi (Yeast) Sebagai Alternatif Alat Kontrasepsi (Kajian Teoritis Tentang Pemanfaatan Ragi Sebagai Alat Kontrasepsi Untuk Menekan Pertumbuhan Penduduk di Indonesia)” dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Karya ilmiah remaja ini disusun untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali Tahun 2016. Dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini, penulis mendapat banyak bantuan, masukan, bimbingan, dan dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, melalui kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang tulus kepada:

  1. I Wayan Sudiarta, S. Pd, M. Pd., selaku kepala SMA Negeri 2 Negara yang telah membimbing dan memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyusun karya tulis ilmiah ini.

  2. I Gede Eri Sastrawan, S. Pd., selaku guru pembimbing karya tulis ilmiah ini yang telah memberikan banyak bantuan, masukan, dan dukungan terkait penyusunan karya tulis ilmiah ini.

  3. Bapak/Ibu Dewan Guru dan Staf Tata Usaha yang telah memberikan banyak informasi terkait konsep telajakan sekolah yang penulis angkat dalam lomba karya tulis ilmiah ini.

  4. Siswa-siswi dan seluruh warga SMA Negeri 2 Negara yang telah mendukung penyusunan karya tulis ilmiah ini sehingga dapat terselesaikan tepat pada waktunya.


Penulis menyadari bahwa karya tulis ilmiah ini masih jauh dari sempurna dan perlu pendalaman lebih lanjut. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat konstruktif demi kesempurnaan karya tulis ilmiah ini. Penulis berharap semoga gagasan pada karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi dunia kesehatan dan pendidikan pada khususnya dan pembaca pada umumnya.

 

Jembrana, 8 Juni 2013

Penulis



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar